== >>Selamat datang di blog saya, terima kasih atas kunjungannya...jangan lupa klik LINK-LINK di bawah ini...( E- mail : b03sr1@gmail.com )

Tuesday 9 December 2008

Memanfaatkan Google Translate Untuk Membangun Situs / Blog Multi Bahasa

Google translate adalah aplikasi web populer dari Google.com yang memungkinkan kita dapat menterjemahkan kata - kata yang berasal dari bahasa negara - negara di dunia. Lalu apa saja gunanya bagi pengguna internet dan pemilik situs atau blog?

Sebelumnya hanya negara - negara yang dianggap populer atau yang dianggap pengguna produk google banyak saja yang tersedia. Hari ini saya baru saja iseng mengecek url translate google tersebut dan ternyata penerjemahan Bahasa Indonesia telah tersedia.

Memanfaatkan Google Translate Untuk Membangun Situs / Blog Multi Bahasa

Ini berita bagus bagi yang hanya sekedar ingin menterjemahkan kata atau ingin situs atau blognya menjadi multi bahasa. Seperti pada gambar berikut (tab Text & Web ) jika ingin menterjemahkan kata - kata maka tinggal mengetikan kata yang dimaksud dan memilih ingin menterjemahkan dari bahasa apa ke bahasa apa, lalu click translate.

translate

Lalu jika ingin situs atau blog kita multi bahasa, maka pertama kita ketikan url situs / blog kita pada kolom translate website.

translate situs atau blog

kemudian click Translate, maka akan didapat url hasil dari penerjemahan situs atau blog kita, copy lalu paste url tersebut dan setiap pengunjung yg menclick url tersebut akan dibawa ke halaman blog kita versi bahasa lainnya,

url hasil translate

sebagai contoh versi bahasa Inggris eh.web.id:
english version
Kalau mau lebih keren bisa di-embed dengan gambar / icon bendera negaranya, untuk gambarnya bisa diambil dari sini misalnya: (tp jangan direct link imagenya loh :D kasian bandwidthnya yg punya situs :) )
http://www.photius.com/flags/alphabetic_list.html

trus baca juga pesan dari yg punya situs:

http://www.theodora.com/flags/flagsell.html

Masalah Akurasi Penerjemahan

Meski begitu banyak manfaatnya, tetapi google translate ini masih memiliki beberapa masalah pada akurasi penerjemahannya, jadi jika kitatidak menggunakan bahasa Indonesia yang baku maka hasil penerjemahan akan terlihat sedikit aneh /janggal.

Agaknya karena masalah ini maka ada kolom Suggest a better translation yaitu kolom yang berguna untuk memberikan perbendaharaan atau susunan kata yang belum atau kurang pas diterjemahkan google translate.

kontribusi penerjemahan

No comments: